PKL Berinteraksi dengan Bahasa Inggris

Komentar

Kediri, HAKIM LC News – Sepintas mungkin tidak ada yang berbeda dari pedagang kaki lima di Kampung Inggris ini, dengan pedagang kaki lima lainya. Namun, ketika Anda hendak membeli Es Cincau milik Sholikhin (53) ini, jangan kaget ataupun heran ya.
Jika bertanya, “Pak, mau beli cincau?”, Anda akan dijawab bukan dengan bahasa Indonesia, melainkan bahasa Inggris.

Ingin membuktikan kemampuan Fokus Pagi Indosiar pun menyambangi tempatnya berdagang.

Benar saja, saat diwawancarai oleh siswa Hakim LC, Sholikhin pun langsung menyambar segala pertanyaan dengan bahasa Inggris dengan cepat, fasih dan lugas.

Tak hanya Sholikhin sejumlah pedagang di Kampung Inggris desa Tulungrejo Pare Kediri juga piawai berbahasa Inggris, mereka adalah bagian pedagang kaki lima yang dilatih berbahasa Inggris oleh Forum Kampung Bahasa.

“Penerapanya untuk percakapan antara pembeli dan pedagang, pembelinya khususnya anak kursus kampung inggris” ungkap Sholikhin.

Malam hari usai berdagang, para pedagang kaki lima mengikuti kelas bahasa Inggris gratis. Selain guna mengasah kemampuan bahasa Inggris juga menunjang untuk berinteraksi dengan pembeli.

“Karna PKL, kita melihat bahwa dengan dia bisa berbahasa Inggris akan sangat membantu, khususnya temen temen yang belajar di Kampung Inggris untuk berkomunikasi aktif, harapanya begitu” Ketua Forum Kampung Bahasa (2011-2018) Ari Hakim.

Kampung Inggris di desa Tulungrejo Pare Kediri menjadi perhatian masyarakat, bahkan banyak siswa dari Sabang sampai Meroeke yang sengaja datang kesini untuk memperdalam bahasa Inggris.

Penulis : Sahril Maulidi
Editor : Team HLC News

Baca Juga

Terkait Posting

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *