Langkah Mendapatkan Beasiswa S1 Luar Negeri

Komentar

Tentukanlah Jurusan dan Universitas yang Akan Kamu Ambil

Ini merupakan hal yang mendasar dan harus kamu tentukan segera, bila kamu ingin berkuliah dengan beasiswa S1 luar negeri. Tentukanlah kedua hal itu sedini mungkin, bahkan sejak kamu masih kelas 1 SMA. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan keinginan dan juga bakatmu. Setelah itu, carilah kampus luar negeri yang menyediakan jurusan tersebut.

Dalam memilih universitas, pastikan jangan memilih universitas tersebut karena ada jurusan pilihanmu saja. Pilihlah universitas yang memiliki jurusan pilihanmu sekaligus memiliki reputasi dan kredibilitas tinggi.

Setelah berhasil menentukan jurusan dan universitas, kamu sebaiknya langsung melakukan langkah selanjutnya, mencari lembaga penyedia beasiswa S1 luar negeri yang menyertakan jurusan dan universitas pilihanmu.

Milikilah Prestasi Akademik

Prestasi akademik memang bukan tujuan utama ataupun akhir dalam proses belajar mengajar di sekolah. Namun, prestasi akademik adalah salah satu modal penting agar kamu bisa kuliah dengan beasiswa S1 luar negeri. Ini terbukti dari beberapa penyedia beasiswa S1 luar negeri yang menjadikan prestasi akademik sebagai salah satu syaratnya.

Milikilah prestasi akademik yang tinggi sedini mungkin, apalagi kalau kamu saat ini masih tergolong kelas 1 SMA. Prestasi akademik sendiri bisa kamu dapatkan dengan dua cara, yaitu: dengan selalu mendapatkan nilai tinggi di kelas, atau menjuarai perlombaan akademik, seperti: olimpiade matematika ataupun sains.

Aktif Berorganisasi

Selain prestasi akademik, pengalaman berorganiasai menjadi hal lain yang harus kamu siapkan, bila kamu berniat kuliah dengan beasiswa S1 luar negeri. Pengalaman organisasi sendiri sering sekali dijadikan syarat untuk mendapatkan beasiswa S1 luar negeri. Oleh karena itu, segeralah kamu aktif mengikuti suatu organisasi.

Organisasi yang kamu ikuti tak mesti organisasi di sekolahmu. Kamu juga bisa mengikuti organisasi di luar sekolahmu yang tentunya sesuai dengan minat dan bakatmu. Selain untuk memenuhi syarat mendapatkan beasiswa S1 luar negeri, aktif beroganisasi bisa membuatmu belajar berbaur dan beradaptasi dengan orang baru, yang merupakan salah satu modal penting saat berkuliah di luar negeri nanti.

Pelajarilah Bahasa Asing

Bila kamu kuliah dengan beasiaswa S1 luar negeri nanti, maka kamu akan jarang menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa daerahmu. Pasalnya, di luar negeri nanti, kamu akan lebih sering bertemu dengan orang asing yang bahasanya tentu saja bahasa asing.

Supaya kamu bisa berkomunikasi dengan mereka, maka kamu harus belajar bahasa asing mulai dari sekarang. Bahasa asing yang dipelajari bisa berupa bahasa internasional (bahasa Inggris) ataupun bahasa negara yang menjadi tempat berkuliahmu nanti. Misalnya: Jerman

Kursus 4 Bahasa Eropa >> Lihat Program

Khusus untuk bahasa Inggris, kamu sebaiknya mulai mengikuti kursus TOEFL dan IELTS. Pasalnya, nilai TOEFL dan IELTS adalah beberapa syarat wajib dalam beasiswa S1 luar negeri. Ikutilah kedua kursus tersebut hingga kamu mahir. Sesudah itu, ikutilah segera tes TOEFL dan IELTS.

Bila nanti kamu akan mengikuti tes TOEFL dan IELTS, kamu sebaiknya harus mendapatkan skor TEOFL di atas 550 dan IELTS di atas 6,5. Pasalnya, mendapatkan skor TOEFL dan IELTS di atas skor rata-rata tersebut akan membuat kesempatanmu mendapatkan beasiswa S1 luar negeri kian besar.

Tentukanlah Orang yang Dapat Memberikan Surat Rekomendasi

Biasanya, pihak penyelenggara beasiswa S1 luar negeri akan memintamu surat rekomendasi dari orang yang kamu percaya atau yang mengenal rekam jejakmu. Surat rekomendasi tersebut biasanya berisi pernyataan bahwa kamu sangat direkomendasikan untuk menerima beasiswa S1 luar negeri dari pihak penyelenggara. Bila surat rekomendasi dan orang yang memberikan surat tersebut dapat dipertanggungjawabkan, maka peluangmu untuk mendapatkan beasiswa S1 luar negeri akan semakin besar.

Oleh karena itu, mulai sekarang kamu harus tentukan siapa orang yang akan memberikan surat rekomendasi nanti. Adapun orang yang dipilih haruslah dari pihak sekolah yang betul-betul mengenal track record-mu. Misalnya: wali kelas atau kepala sekolah.

Belajarlah Membuat CV dan Motivation Letter

CV dan motivation letter adalah beberapa faktor yang akan menentukan apakah kamu bisa mendapat beasiswa S1 luar negeri atau tidak. CV atau Curriculum Vitae adalah lembaran daftar hidup yang akan merepresentasikan dirimu di mata penyelenggara beasiswa S1 luar negeri. Sementara itu, motivation letter bisa menjadi tolok ukur mengapa kamu ingin mendapatkan beasiswa S1 luar negeri, dan sebesar apa motivasimu untuk mendapatkannya.

Kalau kamu betul-betul ingin mendapatkan beasiswa S1 luar negeri, maka mulai sekarang kamu harus mempelajari cara membuat kedua hal tersebut. Kamu bisa mempelajari keduanya secara otodidak dengan cara mengikuti beberapa contoh keduanya di internet. Bila tidak, kamu bisa meminta bantuan guru atau orang-orang terdekatmu untuk mengajari bagaimana cara membuat keduanya.

Berlatih Interview

Interview atau wawancara adalah sesi yang harus kamu hadapi, bila kamu ingin mendapatkan beasiswa S1 luar negeri. Interview sendiri biasanya berisi pertanyaan mengapa kamu ingin berkuliah di negara atau kampus tersebut, serta apa yang kamu lakukan setelah lulus dari universitas atau dari negara tersebut.

Sebelum menghadapi sesi tersebut, kamu harus melatih dirimu sendiri mulai sekarang. Berlatihlah untuk menghadapi interview, terutama saat menjawab pertanyaan interview nanti. Adapun hal-hal yang harus kamu latih agar kamu siap menghadapi sesi interview adalah:

  • Bahasa tubuh.
  • Intonasi dan artikulasi dalam bicara.
  • Caramu bicara atau menjawab pertanyaan.

Selain melatih hal-hal tersebut, kamu juga harus mempersiapkan sejumlah hal untuk menghadapi interview nanti. Informasi soal jurusan dan universitas yang kamu pilih motivasi dan alasan mengapa kamu memilih jurusan dan universitas tersebut serta apa yang hendak kamu lakukan setelah lulus nanti adalah beberapa hal yang dimaksud.

Segeralah Ikuti Program Beasiswa S1 Luar Negeri

Kalau kamu sudah melakukan sejumlah langkah mendapatkan beasiswa S1 luar negeri sebelumnya, maka langkah terakhir ini harus kamu lakukan. Langkah ini sendiri harus dilakukan kalau kamu menemukan suatu lembaga yang membuka program beasiswa S1 luar negeri.

Segeralah ikuti program beasiswa S1 luar negeri tersebut, bila sudah resmi dibuka. Simak baik persyaratannya, dan pastikan kalau jurusan dan universitas pilihanmu termasuk ke dalam program yang mereka selenggarakan tersebut.

Persiapkan segala persyaratannya beberapa minggu sebelum program beasiswa S1 luar negeri itu ditutup. Setelah siap, kirimlah segera persyaratan-persyaratan tersebut ke pihak penyelenggara, lalu sisanya kamu tunggu kabar baiknya. Berharaplah semoga kamu bisa menjadi salah satu penerima beasiswa S1 luar negeri tersebut, ya!

Rhima/Alumni2018.

Itulah sejumlah langkah dari saya yang bisa kamu lakukan, bila ingin mendapatkan beasiswa S1 luar negeri. Semoga dapat membantumu untuk mendapatkan beasiswa S1 luar negeri, ya!

Baca Juga

Terkait Posting

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *